Yuk Kenali Bahan PVC!!

   Apa sih bahan PVC itu? Anda pasti tidak asing dengan bahan PVC?

Daripada penasan yuk kenali apa sih bahan pvc itu!

   Di seluruh dunia, lebih dari 50% PVC yang diproduksi, dipakai dalam konstruksi. Bahan PVC ini sering kali menjadi alternatif untuk pipa, atap, insulasi kabel listrik dan pintu.

   Bahan jenis ini dulu ditemukan secara tidak sengaja oleh Henri Victor Regnat pada tahun 1835 dan disempurnakan oleh Eugen Baumann pada tahun 1872. Setelah itu pada abad ke 20. Ahli kimia Rusia, Ivan Ostromislensky dan Fritz Klatte dari perusahaan kimia Jerman Griesheim-Elektron mencoba menetapkan penggunaan PVC sebagai produk komersial.

   Tetapi, kesulitan pengkakuan bahan menghalangi usaha mereka. Pada tahun 1926, Waldo Semon dan perusahaan B. F. Goodrich mengembangkan metode menjadikan PVC ‘benar-benar plastik’ dengan menambahkan berbagai bahan tambahan. Hasilnya, PVC menjadi lebih fleksibel dan lebih mudah diproses, yang lalu mencapai penggunaan secara luas. Sejak saat itu pintu PVC menjadi beberapa bahan pipa hingga Pintu Lipat PVC. 

PENGAPLIKASIAN BAHAN PVC

  • PINTU LIPAT PVC

   Pintu lipat PVC (polyvinyl chloride) merupakan salah satu pintu yang berbahan dasar plastik PVC. Pintu lipat PVC atau sliding door jenis pintu ini adalah salah satu pilihan pengganti atau alternatif pintu kayu. Pintu jenis ini sering menjadi penyekat ruangan. Karena pintu ini memberikan kesan yang minimalis untuk rumah Anda. 

 

  • PIPA 

   Mungkin bagi sebagian orang tidak asing dengan pipa yang berbahan dasar PVC. Karena bahan ini anti air, menyebabkan ahan ini sering menjadi pilihan oleh produsen pipa karena bahan ini tergolong murah. Tidak hanya itu, bahan ini memiliki kekuatan yang bagus dan tahan lama dibandingkan pipa besi yang bisa berkarat.

Pipa PVC Rucika Wavin - Pasti Group - Distributor Pipa PVC di Indonesia

  • KABEL LISTRIK

   PVC juga digunakan sebagai bahan insuklasi kabel listrik yang biasanya kita sebut dengan pipa conduit, tetapi harus dikombinasikan dengan plasticizer agar elastis. Tetapi Anda harus berhati-hati  ketika menggunakan bahan ini pada imsuklasi kabel listrik.

kabel listrik

Sebelum membeli barang, pastikan Anda kenali terlebih dahulu bahan dasar barang tersebut itu apa. Sesuaikan pada kebutuhan Anda dan tidak lupa harus mempertimbangkan biaya dan kualitas barang.

 

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *